Rabu, 30 Juni 2010

Mengatasi leptop NGADAT

1. Jika laptop terkena air
Cabut adaptor laptop dan segera lepaskan baterai laptop dari body nya, supaya tidak terjadi korsleting di dalam laptop. Langkah kedua adalah membongkar bagian yang kena air dan keringkan. Jangan gunakan alat pemanasa seperti hair dryer, lebih baik di lap dan dikeringkan di udara yang kering dan tunggu sampai benar2 kering baru pasang kembali.

2. Jika laptop tiba-tiba mati
(di restart masih bisa hidup lagi), biasanya karena overheating processor. Mungkin saluran/sirkulasi udara tersumbat, (cek juga pengaturan Power Optionnya di control panel, mungkin ada settingganya berubah). Periksa suhu laptop, dan pastikan pembuangan udara keluar lancar semua, jika laptop terlalu panas, maka gunakan kipas pendingin luar. penyebab selanjutnya mungkin saja ada hadware yang rusak.

3. Jika program not responding
Coba tutup aplikasinya dari windows Task Manager, dengan cara menekan tombol Ctrl-Alt-Del secara bersamaan kemudian pilih aplikasi yang not responding dan klik End Task!

4. Jika laptop tidak bisa booting
“Disk boot failure”, coba restart kembali laptopnya, jika masih sama, berarti kegagalan booting terjadi karena beberapa hal, seperti hardisk yang rusak atau sistem operasi yang rusak [dirusak virus/trojan]. Langkah selanjutnya adalah cek apakah hardisk terdeteck atau tidak lewat BIOS [tekan Del atau F2] saat restart. Jika hardisk baik-baik saja, install ulang/repair sistem operasinya, karena sistem operasinya dah rusak.
Namun jika hardisk tidak di detect, maka periksa socket hardisk, pin-pin hardisk. kemudian coba restart kembali. jika hal diatas masih berulang, maka hardisk laptopnya perlu diganti baru, karena hardisknya sudah mau pensiun

5. Masalah Laptop ngebleng
Itu artinya flip LCD nya ada kabel yang putus...
kalo berani bongkar sendiri, pisahkan flip LCD itu dengan mesin utamanya dan perbaiki kabelnya...kalo ga berani, bawa aja ke tkang servis yang terpercaya.. ingat...!! hanya yang terpercaya. karena kebanyakan tukang servis laptop suka nyuri parts laptop yang jadul...

atau

saat booting tekan f8.
1.Trus pilih LAST KNOWN GOOD CONFIGURATION dulu semoga bisa.
2.Kalau tidak pilih BOOTING (VGA MODE) dan instal driver vganya lagi.
3.Kalau tidak bisa lagi pilih SAFE MODE dan instal driver vga nya lagi.
SEMOGA MEMBANTU.

0 comments:

Poskan Komentar

 
Copyright 2015 blank..!!