Selasa, 21 Juni 2011

Sejarah Internet

Internet adalah jaringan komputer komputer yang ada di seluruh dunia dan saling terhubung dengan alur telpon kabel maupun satelit.. Dalam hal ini komputer yang dahulunya standalone dapat berhubungan langsung dengan host-host atau kompuerkomputer yang lainnya. Awalnya adalah Departemen Pertahanan Amerika pada tahun 1969 yang membuat jaringan komputer yang tersebar untuk menghindarkan terjadinya informasi terpusat, sebagai bagian dari strategi pertahanan, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Dengan sistem informasi yang tersebar bila satu bagian dari sambungan network terganggu akibat serangan musuh, jalur yang melalui sambungan itu secara otomatis dipindahkan kesambungan lainnya. Pemerintah Amerika Serikat sendiri baru memberikan izin ke arah komersial pada awal tahun 1990. Internet pertama kali mulai digunakan diluar kalangan militer oleh kalangan akademis (UCLA) untuk keperluan penelitian dan pengembangan teknologi. Ringkasan sejarah:


  1. 1960: Para saintis mulai meriset teknik untuk menghubungkan suatu sistem pada suatu jaringan.
  2. 1969: ARPANET (DoD Advanced Research Project Agency) menghubungkan UCLA, University of California pada Santa Barbara, University of Utah, dan Stanford Research Institute.
  3. 1975: Manajemen Internet ditransfer ke U.S. Defense Communications Agency.
  4. 1979: USENET mulai menawarkan worldwide broadcast conerencing system of newsgroups.
  5. 1981: BITNET (Because It’s Time Network) mulai menawarkan e-mail dan daftar servers untuk distribusi informasi. CSNET (Computer Science Network) menawarkan layanan dial-up untuk e-mail. Para pengguna Internet sekarang bisa mengakses Internet dengan menggunakan komputer desktop.
  6. 1982: TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) menjadi standar untuk komunikasi jaringan pada ARPANET.
  7. 1984: The Domain Name Server (DNS) system mulai diperkenalkan.
  8. 1986: The Cleveland FreeNet memulai operasi.
  9. 1987: The National Science Foundation (NSF) menanda tangani kontrak senilai 14 juta dolar, lima tahun perjanjian dengan IBM, MCI, dan Michigan Educational Research Information Triad untuk mengatur jaringan.
  10. 1988: Robert Morris, Jr. merilis a “worm” pada Internet.
  11. 1990: CERN (the European Particle Physics Laboratory in Switzerland) membuat World Wide Web.
  12. 1993: President Clinton adalah kepala negara pertama kali yang menggunakan Internet untuk e-mail. Dengan alamat e-mail: president@whitehouse.gov.
  13. 1994: Digital video dan audio mulai di transmit melalui Internet.
  14. 1995: DoDDS schools di Okinawa memulai koneksi Internet.
Internet bagaikan sebuah kota elektronik yang sangat besar di mana setiap penduduk (komputer) memiliki alamat (IP: Internet Protocol Address) yang dapat untuk berkirim surat atau tukar menukar informasi. Komputer berfungsi sebagai kendaraan dan jaringan merupakan jalan yang bertumpu di atas media telekomunikasi. Jalur lambatnya menggunakan line telepon (dial-up), dan jalur cepatnya bisa menggunakan Leased Line atau Dedicated Lines. Karena sifatnya berupa ruang yang mirip dengan dunia kita seharihari, maka Internet bisa kita sebut dengan ruang maya. Keuntungan dari penggunaan internet Internet dapat terjadi dalam semua bidang (bisnis, akademis, pemerintahan, organisasi dlsb), antara lain:

  1. Informasi yang lebih cepat dan murah
  2. Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi
  3. Sebagai media promosi
  4. Komunikasi Interaktif
  5. Sebagai alat Research and Development
  6. Pertukaran data Pertumbuhan Internet
Internet mempunyai pertumbuhan yang sangat baik dan sangat pesat saat ini. Dari data statistik yang didapat, adalah sebagai berikut:
  1. 3 juta host sudah terkoneksi diakhir tahun 1994
  2. Populasi 30 juta pengguna (1995)
  3. Pertumbuhan 10 % tiap bulan
  4. 100 juta pengguna pada tahun 1998, diperkirakan tahun 2010 semua orang akan terhubung ke Internet
  5. Email mendominasi 75% hubungan bisnis.

0 comments:

Poskan Komentar

 
Copyright 2015 blank..!!