Senin, 04 Juni 2012

Tips Cara Menulis Resume Lamaran Kerja untuk Mahasiswa


Curriculum Vitae (CV) sedikit berbeda dengan Resume. Namun keduanya juga digunakan untuk lamaran pekerjaan. Cara membuat lamaran pekerjaan dan cara membuat resume punya trik khusus agar hasilnya sesuai harapan. Bagi anda mahasiswa yang ingin membuat lamaran pekerjaan atau membuat resume, di bawah ini tips cara menulis resume lamaran kerja yang baik. Membuat resume lamaran kerja yang baik akan berpengaruh kepada tingkat kesempatan anda menjadi lebih tinggi dalam mendapatkan pekerjaan.
Perbedaan utama Curriculum Vitae (CV) dengan resume terletak pada panjangnya, isinya, dan tujuannya. Resume adalah ringkasan pendek (satu atau dua halaman) berisi rangkuman kemampuan Anda, pengalaman Anda, dan pendidikan Anda. Tujuan menulis resume adalah memberikan sesuatu yang ringkas dan padat, karena, pembaca resume hanya punya waktu sedikit untuk melihat kualifikasi Anda.
CV adalah versi yang lebih panjang (lebih dari dua halaman), yang merupakan sinopsis yang lebih detail. Di sini termasuk ringkasan latarbelakang akademis dan pendidikan serta pengalaman riset dan mengajar Anda, semua publikasi, presentasi, penghargaan, afiliasi, dan detil-detil lain. (sumber)


Membuka usaha sendiri atau bekerja pada sebuah perusahaan dapat menjadi pilihan. Jika pilihan Anda jatuh pada bekerja di sebuah perusahaan dan tetap kuliah, maka Anda wajib membuat resume yang benar pada surat lamaran pekerjaan. Dengan resume yang benar dan menarik, peluang Anda untuk dipanggil dan mengikuti tes selanjutnya akan lebih besar. Catat tips menulis resume berikut ini, khusus bagi Anda yang masih duduk di bangku perguruan tinggi.
1. Tuliskan Misi Yang Kuat
Tidak mudah bagi beberapa perusahaan untuk menerima pegawai yang masih berstatus mahasiswa. Selain kurangnya pengalaman, tidak sedikit mahasiswa yang mengabaikan pekerjaan saat dikejar tugas perkuliahan. Demikian juga sebaliknya, banyak mahasiswa yang mendadak meninggalkan pekerjaan demi mengejar ketertinggalan pelajaran perkuliahan, hal tersebut tentu merugikan perusahaan. Karena itu, tulis misi yang kuat pada resume Anda, bahwa Anda adalah calon pegawai yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang Anda ajukan. Anda memiliki bakat dan kemampuan pada bidang pekerjaan tersebut. Tawarkan apa saja yang bisa Anda berikan pada perusahaan.
2. Cantumkan Semua Keterampilan Dan Sifat Anda
Anda memang kurang pengalaman dibanding beberapa calon pegawai yang telah menyandang gelar, tetapi Anda pasti memiliki keterampilan dan sifat yang bisa ditawarkan pada bidang pekerjaan yang Anda ajukan. Tulis pendidikan yang sedang Anda jalani pada daftar paling atas riwayat pendidikan Anda. Pamerkan semua kemahiran Anda, kepiawaian menggunakan MS Office, kemampuan bahasa dan kemampuan apapun yang berhubungan dengan bidang pekerjaan yang Anda lamar. Tampilkan juga semua sifat yang menunjukkan bahwa Anda memiliki kualitas, disiplin, tepat waktu, dapat bekerja dalam tim dan lain sebagainya.
3. Sertakan Kursus/Penghargaan Yang Relevan
Selanjutnya, Anda bisa menuliskan semua kursus atau penghargaan yang relevan dengan bidang pekerjaan yang Anda lamar. Misalnya, jika Anda melamar pekerjaan sebagai seorang design graphic, tuliskan jenis mata kuliah relevan yang memiliki nilai-nilai baik. Tulis juga semua penghargaan yang pernah Anda terima, misalnya lomba-lomba yang berkaitan dengan design graphic. Tulis juga di mana saja Anda pernah menjalani kursus yang berhubungan dengan design graphic. Hanya tulis hal-hal yang berhubungan dengan bidang pekerjaan yang Anda lamar. Jika Anda menuliskan semua, maka itu akan membuang waktu pihak HRD dan membuat Anda tampak tidak fokus.
Buat resume lamaran pekerjaan anda dengan sebaik-baiknya. Bagi mahasiswa yang ingin membuat resume, coba terapkan tips membuat resume yang baik di atas, untuk bisa mendapatkan peluang lebih besar dalam mendapatkan pekerjaan sambil tetap kuliah ya.

0 comments:

Poskan Komentar

 
Copyright 2015 blank..!!