Jumat, 14 Juni 2013

Partisi Hardisk Tanpa Software Tambahan.

Hardisk merupakan sebuah hardware komputer / laptop yang sangat vital oleh karena itu diperlukan cara khusus agar awet dan tahan lama Wokeh pada kesempatan kali ini saya ingin membahas bagaimana cara partisi hardisk windows 7 dengan baik dan benar dan tentunya aman di gunakan.


Jenis - jenis partisi hardisk:
  • Primary Partition : Merupakan Master Partisi yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan file sistem operasi windows 7, windows xp, vista dll untuk keperluan booting. biasanya disimpan di drive C. 
  •  Extended Partition : Yang berfungsi sebagai pembatas antara primary dan logical partisi, juga sebagai back up bila terjadi fatal error pada primary partisi. 
  • Logical Partitions : Yang berfungsi untuk penyimpanan file, aplikasi, foto, mp3, video dsb. biasa di sebut drive D, drive E dsb. cukup 2 saja.
Nah setelah kita mengetahu jenis - jenis partisi hardisk selanjutnya kita mulai Cara Mudah Partisi Hardisk Windows 7 Lengkap Disertai Gambar. Saya sarankan ikuti step by step cara partisi hardisk di bawah ini dengan baik dan benar agar tidak terjadi kesalahan.

  1. Klik kanan pada "Computer" lalu Klik "Manage" Klik Gambar Untuk Memperbesar


  2. Maka akan muncul jendela baru seperti dibawah ini, kita Klik "Storage" lalu Pilih "disk management" 


  3. Kemudian Klik kanan pada Harddisk yang akan dipartisi. lalu pilih "shrink volume"


    Maka akan muncul "querying sharink space" tunggu sebentar
  4. Setelah muncul jendela shrink. Disini kita diminta menentukan volume/ kapasitas partisi yang akan kita buat. Bila sudah di tentukan, klik "shrink"


  5. Setelah kita proses diatas berjalan dengan baik, kemudian muncul partisi baru yang masih belum terformat. Biasanya partisi baru tersebut akan ditandai dengan warna hijau. Sampai disni partisi yang kita buat masih belum bisa digunakan.


  6. Untuk memformatnya agar partisi baru dapat kita gunakan. Klik kanan pada partisi baru "yang berwarna hijau di atas" kemudian kita pilih "new simple volume" klik next
  7. Maka akan muncul "Specific volume size" klik next muncul "assign drive latter or path" kita klik next lagi
  8. Kemudian Muncul menu "Format Patition". Pada file sistem kita pilih "NTFS" pada volume label isikan nama label drive partisi kita, lalu klik "next"


  9. Pada jendela "completing the new simple volume wizard" lihat informasinya dulu sebelum kita klik finish kalau dirasa cocok lanjutkan dengan meng-klik "Finish"
Selamat mencoba, semoga bermanfaat....

2 comments:

Ryan Bayuadji mengatakan...

repsol ya wa?
sumber dicantumkan?
wkwkwkwk

Swandika Wicaksono mengatakan...

wahahaha praktek dewek huw,,,

Poskan Komentar

 
Copyright 2015 blank..!!